Pinna Pine

bakteriologi - pewarnaan kapsul


LAPORAN PRAKTIKUM
BAKTERIOLOGI
PEWARNAAN KAPSUL BAKTERI
NO.PRAKTIKUM     :
HARI/TANGGAL     :
JUDUL                 : Pewarnaan Kapsul Bakteri metode Burry Gins
TUJUAN              : Untuk mengetahui bagaimana cara pewaraan kapsul dengan menggunakan metode burry gins
ALAT                   :   
1. Kaca objek
2.Bunsen
3.Ose
4.Rak pewarnaan
5. mikroskop
BAHAN               :
1.Kultur bakteri
2.NaCl 0,85 % atau 0,9%
3.Imersi oil
4.Reagen
a.                Tinta cina / india
b.               Solosio fuchsin / safranin
DASAR TEORI   :     Beberapa jenis bakteri dan amoeba hijau-biru mengeluarkan bahan-bahan yang amat berlendir dan lengket pada permukaan selnya, melengkungi dinding sel. Bila bahan berlendir tersebut kompak dan tampak sebagai suatu bentuk yang pasti ( bundar/lonjong) maka disebut kapsul, tetapi bila tidak teratur bentuknya dan menempelnya pada sel kurang erat maka disebut selaput lendir.Kapsul dan lendir tidaklah esensial bagi kehidupan sel, tapi dapat berfungsi sebagai makanan cadangan, perlindungan terhadap fagositosis ( baik dalam tubuh inang maupun dialam bebas )atau perlindungan terhadap dehidrasi. Kemampuan menghasilkan kapsul merupakan sifat genetis, tetapi produksinya sangat dipengaruhi oleh komposisi medium tempat ditumbuhkannya sel-sel yang bersangkutan. Ukuran kapsul berbeda-beda menurut jenis bakterinya dan juga dapat berbeda diantara jalur-jalur yang berlainan dalam satu spesies.Pada beberapa jenis bakteri adanya kapsul sebagai petunjuk virulensi. Semua kapsul   dapat larut dalam air. Komposisi kimiawi kapsul ada yang berupa glukosa( misalnya dektrosa pada leokonostok mesendteroides), polimer gula amino (misalnya asamhialuronat pada Staphylococcus piogenik), polipeptida (misalnya polimer asam D-glutamat pada Bacillus antraksis) atau kompleks polisakarida protein ( misalnya B disentri).Simpai biasanya diperlihatkan dengan cara pewarnaan negatif atau modifikasi dari cara itu.Salah satu pewarnaan simpai (kapsul) ini ( metode Welch) meliputi pemberian larutan kristalungu panas disusul kemudian dengan pencucian dengan larutan tembaga sulfat. Tembaga sulfat ini digunakan untuk menghilangkan zat warna berlebihan karena pencucian biasa dengan air akan melarutkan simpai. Kapsula bakteri tidak berwarna sehingga untuk mengetahui ada tidaknya kapsula bakteri perlu dilakukan pewarnaan khusus (Hastuti, 2008). Pewarnaan ini bisa dilakukan dengan menggunakan nigrosin, merah kongo atau tinta cina. Setelah ditambahkan pewarna yang tidak menembus kapsul, maka kapsul dapat tampak dengan menggunakan mikroskop cahaya.
Cara pewarnaan negatif ini dikemukakan oleh Burri-Gins (Irianto, 2006). Menurut Tarigan (1988), pengecatan negatif bertujuan untuk mewarnai latar belakang atau bidang pandang di bawah mikroskop dan bukan untuk mewarnai sel-sel mikroba yang diperiksa. Pengecatan negatif dapat digunakan untuk melihat kapsul yang menyelubungi tubuh bakteri dengan hanya menggunakan satu macam cat saja. Sedangkan pewarnaan kapsul (pewarnaan positif) pertama dikemukakan oleh Tyler. Dalam pewarnaan positif ini digunakan senyawa kristal violet 0,18 gram. Hasil dari pewarnaan kapsula ini adalah kapsul tampak berwarna biru-ungu yang terletak disekitar tubuh bakteri. Sedangkan bakterinya sendiri berwarna biru kelam (Irianto, 2006).
CARA KERJA            :
  •        Pada ujung sebelah kanan dari kaca objek yang bersih dan bebas lemak dibuat suspense bakteri dengan 1 ose NaCl 0,85%
  •       Pada suspense ini ditambahkan 1 ose tinta cina, campur sampai homogeny
  •        Dengan kaca objek lain, campuran itu dibuat sediaan hapusan tipis
  •       Dibiarkan kering diudara
  •       Sediaan digenangi solosio fuchsin selama 1 menit
  •        Cat dibuang, sediaan dikeringkan diudara dengan posisi miring
  •       Dilihat di mikroskop dengan perbesaran 100x dengan minyak imersi

INTERPRETASI HASIL:  Kapsul bakteri tidak berwarna, badan bakteri berwarna merah dan latar belakang sedikit hitam
PEMBAHASAN      : fungsi dari tinta cina yang digunakan pada pewarnaan burry gins yaitu untuk memeri warna latar belakang pada sediaan apabila dilihat pada mikroskop. Sehingga kapsul bakteri yang transparan dapat terlihat.Sedangakn fungsi uchsin atau safranin yaitu untuk memberi wara badan bakteri. Sehingga dapat dibedakan antara kapsul dan badan bakteri
KESIMPULAN    : Pewarnaan kapsul ialah metode pewarnaan diferensial yang dikhususkan untuk melihat bagian kapsul dari suatu bakteri.. Pewarnaan kapsul merupakan gabungan antara pewarnaan sederhana dan pewarnaan negatif. Contoh bakteri berkapsul antara lain: Bacillus anthracis, Diplooccus pneumoniae, Klebsiella, Acetobacter xylinium, Bacillus subtilis, Betacrocus dextranicus. Hasil  pengamatan: bakteri bewarna merah, sedangkan kapsul tampak sebagai bagian yang kosong di sekitar tubuh bakteri dan sekitar kapsul berwarna gelap / agak pekat.


READMORE
 

Patutkah ini ?

biasanya kalo anak-anak SMA yang baru lulus itu pada gemar maen coret-coret baju, gan. Katanye kalo enggak coretcoret baju itu kagak "GAUL". Ah, masa sih ? Ragu gue. Trus bagaimana pandangan anak-anak GAUL tentang remaja yang lulus SMA dan memberikan baju seragam mereka kepada rakyat-rakyat tak mampu? Apakah mereka yang telah menyumbangkan seragam mereka harus di sebut sebagai remaja yang tak "GAUL" karena tak mencoret-coret baju mereka. Sebenernya, kelulusan itu tak semestinya di rayakan dengan coretcoret ataupun dengan pawai motor. Tentu saja hal ini sangat menggangu ketertiban umum. Berikut ini ane punya poto-poto dari teman ane gan yang ikut coret-coret + pawaii motor.
Buat adek-adek kelas, adegan ini jangan ditiru yaa :)). Adegan ini hanya dilakukan oleh orang yang telah profesional.



Tapi yang gua bingungin ya gan, knape temen-temen ane sempat-sempetnya poto bareng sama bapak-bapak polisi. Ya mungkin , pak polisinya mau numpang exis juga gan, kan masuk di blog ane :D . Tapi ini ada foto yang eggak kalah bikin ane enggak kalah bingungnya gan : 

temen ane sempet-sempet nya nulis sekumpulan kata-kaya bijak. Mungkin dia terobsesi jadi seorang motivatorr. Maybe.
yahh, cukup sekian coretcoret dari saaya. Terima kasih buat mas Adhy yang telah memperbolehkan memposting poto baju seragamnya dan trimakasih untuk sari, maap yo sar. Aku nyolong poto-poto ini dari fb mu :)
#NB:
Poto-poto ini adalah adegan berbahaya dan hanya dilakukan oleh profesional semata. Poto-poto ini diambil BUKAN dari siswa-siswa sekolah saya.

READMORE
 

friendship

SAHABAT
Sebuah kata sederhana yang sangat berarti buat ku
Sebuah kata yang membuat hari-hari ku begitu bermakna Sebuah kata yang selalu ada disaat aku sedih, bingung, senang, galau
Sebuah kata yang selalu menolong dan tak pernah inginkan suatu imbalan
Tanpa kata ini, aku tak mungkin dapat hidup sampai sekarang ini.
Orang lain berpikir bahwa aku itu pendiam
Temanku juga demikian
Tapi SAHABATKU tau aku adalah cewek yg multi talent

Ya, semua orang mungkin mempunyai SAHABAT. Seperti aku. Ya, aku mempunyai 2 orang sahabat. Yaitu elok dan kiky. Ya, aku dan elok telah lama bersahabat. Kami telah bersahabat sejak SD. Kemanapun aku pergi, selalu bersama-sama dia. Entah itu, daftar kuliah, shopping bareng, atau bolos bareng :D. Ya, ittu semua aku lakukan bersama sahabat ku.
Yang kedua sahabat ku bernama Kiky. Aku baru saja bersahabat dengannya. Biarpun masih baru, tapi terasa lama bagiku. Aku yang seorang cewek memang membutuhkan seorang sahabat cowok. Tak mudah memang mendapatkan sahabat seperti kiki ini. Ya kiki adalah sahabat ku yang kesekian. Aku memang pernah sebelumnya memiliki sahabat cowok. Akan tetapi aku kehilangan dia akibat ulah pacarku sendiri. Sungguh sedih rasanya kehilangan sahabat seperti dia. Huft. tapi mau gimana lagi. Ini sudah takdir Tuhan. Pepatah lama mengatakan "Hilang satu, tumbuh seribu" ya, pepatah ini cocok menggambarkan keadaan ku saat ini. Ya , kiki telah menjadi sahabat ku. Entah kenapa , aku merasa sangat nyaman bersahabat dengannya. Ya mungkin karena sudah lama aku tak memiliki sahabat cowok. Kiki adalah cowok yang baik. Dia selalu bisa membuat ku tersenyum kapanpun dan dimanapun. Entah itu disaat aku sedang suka maupun duka. Jujur, sosok kiki saat ini mampu menggantikan posisi pacarku. Stiap saat slalu smsan dengannya. Dari aku bangun tidur sampai aku tidur, dialah yang mengatakan "NIGHT AND HAVE NICE DREAM, MORNING ". Ya, hanya sahabatku yang memberikan kata pengantar disaat aku akan tidur dan disaat aku akan menyongsong hari. Sedangkan pacarku ???? Tak pernah sekalipun mengatakan itu kepadaku. Ya , aku beruntung sekali memiliki sahabat seperti kiki. Ya aku beruntung sekali memiliki sahabat seperti mereka. Benar apa kata orang "SAHABAT ITU LEBIH BERHARGA DARIPADA PACAR".
I love you my bestfriend

i hope we can be together until we die !!!!

READMORE
 

Lyrics of Call me Maybe - Carly Rae Jepsen

I threw a wish in the well
Don't ask me, I'll never tell 
I looked to you as it fell
And now you're in my way
I trade my soul for a wish
Pennies and dimes for a kiss I wasn't looking for this 
But now you're in my way
Your stare was glowing
Ripped jeans, skin was showin'
Hot night, wind was blowin' 
Where you think you're going, baby?

Hey, I just met you and this is crazy, 
But here's my number so call me maybe
It's hard to look right at you baby, 
But here's my number so call me maybe
Hey, I just met you, and this is crazy, 
But here's my number, so call me maybe
And all the other boys, try to chase me, 
But here's my number so call me maybe
[ Lyrics from: http://www.lyricsmode.com/lyrics/c/carly_rae_jepsen/call_me_maybe.html ]
You took your time with the call 
I took no time with the fall
You gave me nothing at all, but still you're in my way
I beg and borrow and steal
Have foresight and it's real
I didn't know I would feel it, but it's in my way
Your stare was glowing Ripped jeans, 
Skin was showin' Hot night, wind was blowin'
Where you think you're going, baby?

Hey I just met you
And this is crazy
But here's my number
So call me maybe
It's hard to look right, at you baby, 
But here's my number so call me maybe
Hey, I just met you, and this is crazy 
But here's my number so call me maybe
And all the other boys, try to chase me, 
But here's my number so call me maybe

Before you came into my life I missed you so bad
I missed you so bad I missed you so, so bad
Before you came into my life I missed you so bad
And you should know that I missed you so, so bad
It's hard to look right at you baby, 
But here's my number so call me, maybe
Hey, I just met you, and this is crazy, 
But here's my number so call me maybe
And all the other boys try to chase me, 
But here's my number so call me maybe
Before you came into my life I missed you so bad
I missed you so bad I missed you so so bad
Before you came into my life I missed you so bad
And you should know that
So call me maybe
READMORE
 

Lyrics of Not American Average - Asking Alexandria


1, 2, 3, 4! 
(All the things that she said, was it all in my head?)

Come on, baby, 
Keep it down.
Honey, hush your lips.
Clothes trailing
From the backdoor
To the bedroom
And I don't even know your name.
Give me all you've got.
Make this night worth my time, 
Make this worth my time (oh! )

What I would give to live this night again! 
I knew when I first saw you, 
You'd fuck like a whore! 
You'd fuck like a whore! 
Hope they hear you scream for more! (yeah! )

Your thighs were made for cheeks to graze.
My lips, your poison, 
They bring you to your knees.
[X2]

Ah, come on! 
[ Lyrics from: http://www.lyricsmode.com/lyrics/a/asking_alexandria/not_the_american_average.html ]
Girl, get down, 
It's almost over! 
Take it all the way! 
Oh! 

You stupid fucking whore! 

And after all of all my dreaming being only you, 
You're standing there, baby, oh, 
The things that I could do! 
Back to the wall with a drink in my hand! 
Back it up, baby, ride, ride, ride! 

One step too late
And I never told you
That I can't take
Another disappointment.
Breathing and grasping all leads to another messy ending.
Breathing and grasping all leads to another messy ending.

Ten inch! 
With your back against the wall! 
With your face buried in the pillow! 
I see you cold! 
I feel you heartless! 
Bitch! 
You stupid fucking bitch! 
You stupid fucking bitch! 

Fucking bitch.


READMORE
 

langkah praktikum lensa cembung


Lembar Kerja Siswa (LKS)
L E N SA   C E M B U N G

A.         Tujuan:
             menentukan jarak fokus lensa cembung

B.         Alat dan Bahan:
             - lensa cembung                                 - layar                                                    - bangku optik           
             - mistar optik                                        - lilin

C.         Skema Percobaan:
             (1) lilin (sumber cahaya)
             (2) lensa cembung
             (3) layar
             (4) mistar optik

D.         Dasar Teori:
             *     Ada dua jenis lensa yaitu lensa cembung/positif/konvergen/konvek dan lensa cekung/negatif/divergen/konkaf
             *     Jarak fokus lensa (f), jarak benda ke lensa (S), dan jarak bayangan ke lensa (S’) dihubungkan oleh persamaan:                      
dengan f   : jarak fokus (berharga positif pada lensa cembung dan negatif pada lensa cekung), S  : jarak benda terhadap lensa, S’ : jarak bayangan terhadap lensa.
             *     Sifat-sifat bayangan yang terjadi pada lensa
                   nilai S’ positif berarti nyata, terbalik, di belakang lensa, dapat ditangkap layar
                   nilai S’ negatif berarti semu, tegak, di depan lensa, tidak dapat ditangkap layar
                   nilai S’ lebih besar daripada S berarti bayangan diperbesar (diperkecil bila sebaliknya)

E.         Prosedur Kerja:
             1.   menyusun alat sebagaimana terlihat pada skema percobaan
             2.   menyalakan lilin dan mengukur jaraknya dari lensa (S)
             3.   menggeser-geser layar di belakang lensa sampai bayangan lilin yang paling jelas tertangkap pada layar (pada saat itu jarak layar ke lensa disebut S’)
             4.   mengulangi langkah 1 sampai dengan 3 dengan jarak benda (S)  yang berbeda-beda

F.         Tabulasi Data Pengamatan:
No
Jarak Benda (S)
Jarak Bayangan (S’)
1


.


5



G.        Analisis Data:
             (hitunglah jarak fokus lensa (f) dengan persamaan yang tertulis dalam Dasar Teori untuk mengisi tabel berikut)
No
 Jarak Benda (S)
Jarak Bayangan (S’)
Jarak Fokus (f)
1



.



5



rt-rt



             * rt-rt : nilai rata-rata kelima data

H.         Pembahasan:
             Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
             1.   mengapa percobaan dilakukan dengan 5 kali variasi data ?
             2.   apakah kelima hasil perhitungan jarak fokus lensa (f) menghasilkan angka yang persis sama ?, kalau tidak mengapa terjadi demikian?
                   (kesalahan percobaan dapat diakibatkan oleh faktor alat dan faktor praktikan, uraiakan kemungkinan-kemungkinan kesalahan alat dan kesalahan praktikan)
             3.   bagaimanakah pengaruh besarnya S terhadap besar S’ ?
             4.   apasajakah sifat-sifat bayangan yang terjadi pada percobaan ini ?
             5.   berapa jarak fokus lensa yang digunakan pada percobaan ini ?



I.           Kesimpulan dan Saran:
             (kesimpulan: sesuaikan dengan tujuan percobaan. Saran: berikan saran-saran bagi orang lain yang melakukan percobaan serupa agar mendapatkan hasil yang lebih baik)

J.         Soal Evaluasi
1.     Seorang bermata normal hendak mengamati benda kecil dengan menggunakan mikroskop. Berapa jarak bayangan okuler (Sok) bila pengamatan dilakukan dengan:
a.     mata berakomodasi maksimum
b.     mata tidak berakomodasi
2.     Sebuah mikroskop dengan jarak fokus lensa obyektif dan okuler 0,3 cm dan 2,5 cm, digunakan oleh mata normal untuk melihat benda yang diletakkan pada jarak 0,5 cm di muka lensa obyektif. Bila panjang benda 0,5 mm, tentukan panjang bayangan yang dihasilkan ketika mata mengamati dengan berakomodasi maksimum
3.     Teropong bintang disusun atas lensa objektif dan lensa okuler dengan jarak fokus berturut-turut 100 cm dan 5 cm. Hitung perbesaran dan panjang teropong ketika digunakan oleh mata normal :
a.     berakomodasi maksimum
b.     tidak berakomodasi
4.     Sebuah mikroskop digunakan oleh mata normal tak berakomodasi. Panjang mikroskop saat itu adalah 15,25 cm. Bila jarak fokus lensa okuler 6,25 cm dan pengamat ingin mengamati dengan mata berakomodasi maksimum, kemana dan berapa jauh lensa okuler harus digeser?
5.     Sebuah teleskop panjangnya 135,25 cm saat digunakan oleh mata normal tak berakomodasi. Jarak fokus lensa obyektif adalah 129 cm. Tentukan:
a.     jarak fokus lensa okuler
b.     kemana dan berapa jauh lensa okuler harus digeser bila pengamat hendak mengamati bayangan bintang dengan mata berakomodasi maksimum

READMORE
 

fermentasi alkohol


Fermentasi Alkohol




Disusun oleh:
Antani Vina Lucky P.A
Candra Miftakhul Ramadhan
Revita Azila
Stefano Agung
Tri Elsa Veronica L.G
Yessica Anna Natasia
                                                Yuni Sari Silaban 
Yustillah Megawati
XII IPA 4

RESPIRASI  ANAEROB  (Fermentasi Alkohol)
Tujuan                            : Mengamati hasil dari peristiwa fermentasi alkohol
   Dasar Teori                  : Respirasi anaerob sebenarnya dapat juga berlangsung di dalam udara bebas. Akan tetapi, proses ini tidak menggunakan O2 yang tersedia dari udara itu. Respirasi anaerob adalah respirasi yang tidak menggunakan O2 dari udara bebas. Respirasi anaerob juga lazim disebut sebagai Fermenntasi. Meskipun tidak semua fermentasi itu anaerob. Respirasi anaerob menghasilkan energi lebih sedikit daripada energi dari respirasi aerob.
Alat dan Bahan             :
ü  Gelas Kimia
ü  Botol Bening
ü  Timbangan
ü  Pipa Plastik
ü  Plastisin (Lilin malam)
ü  Ragi Roti
ü  Glukosa
ü  Kapur Sirih
ü  Fenoftalein
ü  Air suling
Langkah-langkah :
1.    Larutkan kapur sirih dengan air suling dalam gelas kimia. Biarkan beberapa saat sampai terjadi pengendapan. Pindahkan air kapur dari endapannya ke dalam botol B;
2.    Masukkan Fenoftalein ke dalam botol B;
3.    Masukkan 50 ml air suling ke dalam botol A, kemudian campurkan dengan glukosa sebanyak 10 gram. Kocoklah hingga larut, kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 2 gram;
4.    Catatlah kondisi awal larutan pada botol A, seperti adanya gelembung udara, suhu, dan bau yang muncul. Untuk botol B, catatlah kondisi awal larutan, seperti warna dan keberadaan endapan;
5.    Ulangi kegiatan 4 setelah diberi selang waktu 30 menit.
Tabel Hasil Percobaan           :
BOTOL
 A
Tahap
Gelembung
Bau
1
Tidak ada
Tidak ada
2
Sedikit
Ada
3
Banyak
Ada

BOTOL
B
Tahap
Endapan
Warna
1
Tidak ada
Ungu pekat
2
Sedikit
Ungu pudar
3
Banyak
Bening

Kesimpulan                             :
          Fermentasi merupakan proses peragian atau proses penguraian makanan oleh jamur dan bakteri yang berlangsung dalam keadaan anaerob (tidak memerlukan oksigen dari udara bebas) dengan bantuan enzim. Selain itu, fermentasi juga berarti pemecahan senyawa organik oleh mikroba yang berlangsung dalam suasana anaerob dengan menghasilkan energi, fermentasi  yang dilakukan oleh sel-sel ragi terhadap glukosa menghasilkan energi dan gas CO2.
Pertanyaan:
1.    Jelaskan fungsi dari masing-masing bahan yang digunakan pada percobaan diatas!
2.    Perubahan apa yang terlihat pada larutan dalam botol  A? Jelaskan dengan reaksi kimianya!
3.    Perubahan apa yang terlihat pada larutan dalam botol  B? Jelaskan dengan reaksi kimianya!
4.    Buatlah kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut!
Jawaban:    
1.    - Plastisin           : untuk menyumbat mulut botol
- Ragi roti             : untuk memfermentasikan alkohol
- Glukosa              : untuk memudahkan proses fermentasi
- Kapur sirih                 : untuk mengikat gas CO2 agar tidak lepas ke udara
- Air suling                    : untuk melarutkan fenoftalein dan ragi
- Pipa plastik                  : untuk menyalurkan udara dari botol satu ke botol
                               lainnya
- Fenoftalein                   : untuk memberikan perubahan warna yang tajam
2.    Pada tabung A terdapat perubahan suhu, pada kondisi awal, botol A tidak terasa hangat, tetapi setelah didiamkan selama 30 menit,  botol A terasa hangat. Serta pada kondisi akhir, larutan pada botol A, terdapat endapan. Setelah bereaksi, botol A, timbul busa dan berbau yang disebabkan oleh pembentukan C2H5OH, dan juga muncul gas CO2.
REAKSI KIMIA : C6H12O6 2 C2H5OH + 2 CO2  + 2 NADH2 + Energi
3.    Pada botol B, terjadi perubahan warna pada larutan. Warna awal adalah ungu pekat. Namun setelah didiamkan selama 30 menit, warnanya berubah menjadi bening.
REAKSI KIMIA: H2O Ca(OH)2 + H2O
4.    Kesimpulan   : Fermentasi merupakan proses peragian atau proses penguraian makanan oleh jamur dan bakteri yang berlangsung dalam keadaan anaerob (tidak memerlukan oksigen dari udara bebas) dengan bantuan enzim. Selain itu, fermentasi juga berarti pemecahan senyawa organik oleh mikroba yang berlangsung dalam suasana anaerob dengan menghasilkan energi, fermentasi  yang dilakukan oleh sel-sel ragi terhadap glukosa menghasilkan energi dan gas CO2.










READMORE
 
Diberdayakan oleh Blogger.
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Followers