bagian-bagian otak


1.Otak besar(serebrum) mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktivitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi), ingatan (memori), kesadaran, dan pertimbangan.

2.talamus / dorsal talamus yang berfungsi antara lain menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar.

3.Hipotalamus berfungsi sebagai monitoring dan mengontrol berbagai aktivitas dari tubuh yang sangat banyak

4.Kelenjar pituitary berfungsi menstimulasikan gerakan sistim usus, mengontrol sirkulasi darah juga menstimulasi fungsi dari ginjal dan mengontrol pertumbuhan tubuh. 

5.pons berfungsi menghubungkan otak besar dan sumsum tulang belakang.

6.Medulla oblongata sambung berfungsi menghantar impuls yang datang dari medula spinalis menuju ke otak. Sumsum sambung juga mempengaruhi jembatan, refleks fisiologi seperti detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan.
Selain itu, sumsum sambung juga mengatur gerak refleks yang lain seperti bersin, batuk, dan berkedip.

7.Medulla spinalis(sum-sum tulang belakang)  berFungsi utama sumsum tulang belakang adalah transmisi pemasukan rangsangan antara periferi dan otak


8.Serebelum mempunyai fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan.


.


Penulis : antani vina ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel bagian-bagian otak ini dipublish oleh antani vina pada hari Minggu, 13 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan bagian-bagian otak
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers