ideologi bangsa china



 Ideologi Bangsa Tirai Bambu
Sistem politik suatu negara sangat memengaruhi kemajuan Negara tersebut. Begitu pun di Cina. Sistem politik Cina yang lebih condongmenerapkan ideologi komunis telah memberikan warna tersendiri bagi negaratirai bambu tersebut.Kekaisaran Tiongkok dengan Kaisarnya Huang Ti telah berdiri pada2697 SM yang memberikan warna terhadap peradaban Cina hingga saat ini.Bahkan, telah menjadikan Cina sebagai salah satu peradaban yang paling majudi dunia serta menjadi panutan bagi negara-negara di sekitarnya.Namun, adalah suatu hal yang menarik jika kita melihat eksistensinegara yang dahulu dikenal memiliki sistem pemerintahan kekaisaran dengankepercayaan kuat terhadap ideologi Taoisme, Konfusiusme, serta Buddha(Tritunggal agama/san chiau) dan kini berubah menjadi sebuah negara semi-komunis yang tetap memiliki akar San Chiau yang kuat.Maka inilah barangkali yang membedakan komunisme Cina dengankomunisme di Korea Utara, Vietnam, Kuba atau Komunisme Uni Soviet lama.Ideologi komunisme di China agak lain daripada dengan Marxisme-Leninisme yang diadopsi bekas Uni Soviet yang menyatukan berbagai filsafatkuno dari China dengan Marxisme yang kemudian ia sebut sebagai Maoismeyang digagas oleh Mao Zedong
Perbedaan mendasar dari komunisme China dengan komunisme dinegara lainnya adalah bahwa komunisme di China lebih mementingkanperan petani daripada buruh.
Berbeda dengan bentuk-bentuk Marxisme-Leninisme yang lebih awal,di mana kaum proletar perkotaan dianggap sebagai sumber utamarevolusi, dan daerah pedesaan pada umumnya diabaikan . Inidisebabkan karena kondisi China yang khusus di mana buruh dianggapsebagai bagian tak terpisahkan dari kapitalisme.
Berbeda dengan bentuk-bentuk Marxisme-Leninisme lain di manapembangunan industri besar-besaran dipandang sebagai suatukekuatan positif, Maoisme menjadikan pembangunan pedesaankeseluruhan sebagai prioritasnya. Mao merasa bahwa strategi inimasuk akal di masa tahap-tahap awal sosialisme di sebuah Negara dimana kebanyakan rakyatnya adalah buruh-tani.
4

Berbeda dengan kebanyakan ideologi politik lainnya, termasuk ideologisosialis dan Marxis, Maoisme mengandung doktrin militer yang integraldan secara eksplisit menghubungkan ideologi politiknya denganstrategi militer. Dalam pemikiran Maois, "kekuasaan politik berasaldari moncong senapan " (salah satu kutipan ucapan Mao), dan kaumburuh-tani dapat dimobilisasi untuk melakukan "perang rakyat" dalamperjuangan bersenjata yang melibatkan perang gerilya dalam tigatahap. Tahap pertama melibatkan mobilisasi dan pengorganisasiankaum buruh-tani. Tahap kedua melibatkan pembanugnan wilayah basisdi pedesaan dan peningkatan koordinasi di antara organisasi-organisasigerilya. Tahap ketiga melibatkan transisi ke perang konvensional.Doktrin militer Maois menyamakan pejuang gerilya dengan ikan yangberenang di sebuah lautan yang penuh dengan buruh tani, yangmemberikan dukungan logistik.
Maoisme menekankan "mobilisasi massa yang revolusioner " (secarafisik memobilisasi sebagian besar penduduk dalam perjuangan demisosialisme), konsep tentang Demokrasi Baru, dan Teori AngkatanProduktif sebagaimana yang diterapkan dalam industri-industritingkat desa yang tidak tergantung dengan dunia luar.
Dalam Maoisme, pengorganisasian yang cermat atas kekuatan militerdan ekonomi yang besar adalah perlu untuk mempertahankan wilayahrevolusi dari ancaman luar, sementara sentralisasi menjaga agarkorupsi dapat terus diawasi, di tengah-tengah kontrol yang kuat, dankadang-kadang perubahan, melalui kaum revolusioner di ranah seni danilmu pengetahuan.

Kelebihan Ideologi Bangsa China
Terjadi suatu dorongan untuk mengejar ketinggalan dalam bidang sainsdan teknologi dari mahasiswa di China.Perubahan China dalam segi ekonomi tidak hanya terjadi pada dalamnegeri saja. Dalam International China yang masuk Dalam WTO memasukitahap baru dalam perekonomian dunia. China dalam hal ini ingin mensejajarkandiri dengan bangsa-bangsa lain. Dengan segala keuntungan dan kerugian yangterjadi akibat dari WTO China mencoba bersaing dan lebih mengambangkandiri. Dengan menjelmanya China menjadi kekuatan baru China dapatmenggunakan kelebihannya tersebut dalam mengatasi tekanan dan peraturanWTO yang tidak adil oleh Negara-negara barat, sehingga menjadi pemimpin“Negara-negara miskin” dalam WTO.Pemerintah China masih memegang monopoli terhadap sector industriVital. Sehingga sering kali terjadi diskriminasi yang menyulitkanperkembangan para perusahaan Swasta dalam berbagai hal. Dan untukmengatasi hal itu berbagai hal perusahaan Swasta melakukan berbagaikegiatan “Ilegal” untuk menembus blockade tersebut.Faktor kecintaan terhadap budaya inilah yang menjadi perekat yangsangat kuat untuk membangun Pemerintahan China yang kuat di dunia, apabilatidak bisa dikatakan dengan istilah membangun Imperium China yang perkasa,jadi meskipun Pemerintahan China kelihatannya seperti negara yangberpaham pada Ideologi Komunis, namun pada dasarnya dalam melaksanakanPemerintahannya dan melaksanakan strategi ekonomi masih berdasarkanPOLA LAMA JAMAN KERAJAAN YANG DISESUAIKAN DENGANSITUASI DAN KONDISI SAAT SEKARANG.Dengan merelakan keluarganya untuk kebesaran Bangsa China, makamasyarakat China sangat terlihat jelas mempunyai jiwa Nasionalis yangsangat kuat (bahkan cenderung Chauvinistis), sehingga sangat pas dan sangattepat, bahwa masyarakat China di Negeri China sangat membenci Korupsi,karena mereka memahami bahwa korupsi akan menghancurkan sendi-sendinegara, bahkan mereka sangat bisa bekerja sama yang mirip nepotisme,namun dengan tujuan membangun bangsanya, bukan dengan niat melakukankorupsi, tapi dalam kerja sama memberantas korupsi, sehingga dengan mudahPemerintah China memberantas korupsi. 
6

Dengan melihat beberapa hal tersebut diatas, maka jangka pendekatau jangka lama, dengan perhitungan masyarakat China masih tetapmencintai Budaya Bangsanya dan mencintai Bangsanya, maka suatu ketikaBangsa China akan menjadi imperium tunggal di dunia, dan apabila hal ituterjadi hegemoni tersebut akan berlangsung sebagaimana hegemonimasyarakat Romawi pada waktu duluPartai tidak hanya mewakili kepentingan buruh, tani, prajurit danborjuis kecil saja, akan tetapi juga mewakili kepentingan kelas ekonomi baru(baca para kapitalis, golongan entrepreneur dan borjuis besar) yang munculsebagai hasil reformasi ekonomi. kekuatan produksi maju, budaya maju, dankepentingan dasar semua orangDapat ditarik kesimpulan dari kelebihan dengan Ideologi Komunisadalah :- Masyarakatnya mendapatkan pendapatan yang seragam- Kentalnya kebersamaan karena pemegang kekuasaan utamapolitiknya adalah pemerintahan- Semua penduduknya tidak terbagi jauh anatara golongan yang kayaraya dan miskin, semuanya sama rata.
7

Kelemahan Ideologi Bangsa China
Walupun China menjadi sebuah Negara yang maju dalam bidangekonomi tetapi terdapat berbagai masalah di china. Diantaranya adalah :
Tidak bebasnya memililiki agama dan kepercayaan sendiri.
Petani dijadikan sapih perah oleh para pejabat desa, karena hasiltanam tidak dapat dijual dengan harga tinggi.
Korupsi yang merajalela di China
Ketakutan akan dampak dari masuknya China dalam WTO.Dan sebenarnya masih banyak lagi masalah yang harus dihadapi olehChina. Sehingga tidak heran dimana dalam memacu pertumbuhan Ekonomiakan muncul masalah social dan ekologis. Korupsi yang merupakan masalah diChina dicoba ditekan dengan hukuman mati. Selain itu telah terjadipergeseran kaum buruh di china. Jika pada awal PKC berkuasa buruh menjadi“tuan” di negerinya sendiri maka sekarang tidak lagi. Karena pemerintah Chinasekarang lebih mendahulukan pemilik modal dari pada buruh.Dengan paham ideologi Komunis yang disesuaikan dengan polapemerintahan model jaman kerajaan kuno di China, maka tentu saja parakorban dari Tiananmen, tidak mungkin akan dipedulikan atau diungkit, sebabdemi kebesaran Bangsa China agar menjadi Bangsa besar di dunia, maka bagimereka korban Tiananmen tidaklah harus dibesar-besarkan, bahkan keluargadekat dari para korban rela tidak mempersoalkan hal itu demi kejayaanBangsa China di dunia.

Penulis : antani vina ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ideologi bangsa china ini dipublish oleh antani vina pada hari Minggu, 13 Mei 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan ideologi bangsa china
 

1 komentar:

  1. Orang china memang egois ya dalam menganut ideologinya dimana dalam dunia perekonomian pemilik modal meraut keuntungan sebesar_besarnya tnpa mengutamakan pekerja atau buruhnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers